Tuesday, June 17, 2014

Suka Minuman Manis, Tapi Malah Sering Buang Air Kecil

Banyak orang yang sangat menyukai makanan atau minuman yang manis. Meskipun banyak penelitian yang menemukan bahwa terlalu banyak mengkonsumsi makanan atau minuman yang tinggi kadar gula akan meningkatkan resiko gangguan kesehatan tubuh.
Gula merupakan senyawa karbohidrat sederhana, ketika dikonsumsi secara berlebihan, maka gula akan disimpan di dalam tubuh sebagai cadangan energi dalam bentuk lemak.

Secangkir kopi, teh manis atau susu sudah menjadi hidangan yang disajikan di pagi hari, dan telah  membudaya di Indonesia. Dengan beragam pendapat yang menyatakan manfaat dari minuman-minuman tersebut, ada satu permasalahan kecil yang terjadi ketika kita minum minuman yang manis di pagi hari, yaitu frekuensi buang air kecil kita meningkat. Bagi sebagian orang, buang air kecil di pagi hari dengan frekuensi yang sering justru malah dinilai mengganggu kegiatan, bayangkan saja umumnya waktu di pagi hari adalah jam-jam sibuk, entah siap-siap berangkat sekolah, kerja atau aktivitas yang lain tapi malah bolak-balik ke toilet. Minum teh manisnya cuma segelas tapi bolak-balik ke toiletnya nyampe 3-4 kali, nyebelin banget kan.

Saya juga termasuk ke dalam kelompok orang yang seperti dijelaskan di atas, tiap minum manis gak peduli pagi, siang ataupun malam, pasti selang 10 menit kemudian keinginan buang air kecil tak tertahankan. Mending kalo cuma sekali ke toiletnya, lha bisa 3-4 kali, mana jeda waktunya paling cuma 5-10 menitan.

Kejadian bolak-balik ke toilet yang saya alami masih berlangsung terus, sampai bulan Ramadhan tiba. Habis berhaus lapar seharian, paling enak ya minum yang seger-seger, yang manis pula tentunya   *hehe..
Kalau belum minum manis rasanya mah belum plong.
Tapi, yang bikin sebel nanti pas mau tarawih, bolak-balik ke belakang...terus. Baru rokaat pertama udah kebelet, lanjut dua rokaat eh,,kebelet lagi, ampe malu sama jamaah-jamaah yang lain, mondar-mandir cuma bolak-balik ke belakang..h.h.h.h.h....mungkin dalam hati mereka, "hu'uh gangguin aja nih orang, mending kagak usah ikut tarawih sekalian"hahahhaha....
Karena sedih gak bisa ikut tarawih full gara-gara sering kebelet, akhirnya aku mutusin untuk gak banyak minum manis aja lah kalau pas buka puasa (walaupun leher nih serasa tersiksa...hiks..)
Sumber gambar: nyunyu.com
Hari ke sepuluh bulan puasa, ibuku bikin menu spesial buka puasa, mau tau apa menunya, ini dia :
"Wedang Dawet"
*halah cuma wedang dawet aja hahahaha....wedang dawet aja kok dibilang spesial, mungkin bagi sebagian orang minuman kayak gitu mah ndeso..hahahah...

Karena udah saking nggak sabarnya pengen cepet buka puasa, pas udah adzan berkumandang, langsung deh aku tenggak tuh wedang dawet, dan nggak terasa ngabisin 3 gelas...haahaha...maruk amat, baru pulang piknik dari padang pasir kali ya...h.h.h.h..

Puas sih, tapi habis itu mikir, lah gimana nih udah minum manis banyak, pasti nanti kebelat-kebelet pipis terus,,waduh gawat. Tapi apalah daya nasi sudah menjadi bubur...akhirnya aku tetep berangkat tarawih, ya berprasangka baik aja lah moga2 gak bolak-balik kebelet pipis. Ehhh...nggak taunya beneran, dari mulai sampai selesai beneran nggak kebelet pipis loh, sekali aja enggak.

Sampai dirumah, penasaran, akhirnya tanya sama ibuku, wedang dawet itu bikinnya bukannya sama-sama pakai gula, ibuku jawab iya cuma bedanya ditambahin garam sedikit...
Ooohhhh...gitu, aku ampe melongo,, garam,,,

Untuk mengobati rasa penasaranku, buka puasa berikutnya aku nggak minum wedang dawet lagi, tapi aku minum air putih kasih gula,, yahh...manis lagi dong..
Kali ini, air gulanya aku tambahin garam sedikit, buat ngebuktiin apa bener yang bikin aku nggak sering pipis tuh karena minuman manis yang dicampur garam.
Dan ternyata, berhasil....yess!!!...

Hari-hari selanjutnya walaupun nggak lagi puasa, tiap kali pengen minum manis aku tambahin garam sedikit, ya dikira-kira aja, jangan sesendok...hahahh..., habis itu aku nggak sering bolak-balik ke toilet. Alhamdulillah, aktivitas lancar, ibadah lancar...

Tapi buat temen-temen atau yang punya potensi darah tinggi, jangan coba-coba mraktekin yah, jadi takut nih,,,ntar kalo ada apa2 kan jadi ngerasa bersalah karna ikuti saran dan ceritaku. Terus minum manis tuh jangan kebanyakan yah, apalagi satu galon...hahaha...walaupun di campur garam juga tetep bakalan bolak-balik ke toilet. Minum manis secukupnya aja, ingat, jaga kesehatan mumpung masih muda, dan mumpung belum terlanjur kena penyakit...

Sampai jumpa di postingan berikutnya...:-)



No comments:

Post a Comment