Wednesday, June 11, 2014

Nyeri Haid???...Coba Caraku, Mau?..


Pagi sobat blogger,

Sebagai wanita, pasti ngalamin yang namanya datang bulan atau menstruasi,, *udah kodratnya*
Menstruasi adalah alamiah bagi setiap wanita, menurut Lupton (dalam Irwan Abdullah, 2002) menstruasi merupakan proses biologis yang terkait dengan pencapaian kematangan seks, kesuburan, ketidakhamilan, normalitas, kesehatan tubuh, dan bahkan pembaharuan tubuh itu sendiri.

Menstruasi merupakan proses pengelupasan atau pelepasan dinding rahim (endometrium) yang disertasi dengan pendarahan, dan berulang setiap bulan kecuali saat hamil.

Karena adanya proses pengelupasan dan pendaharan tersebut, maka tidak sedikit dari wanita yang mengalami keluhan-keluhan terutama saat mens, yang paling banyak dirasakan adalah nyeri bagian perut.

Usiaku saat ini (2014) 25 tahun, aku mens pertama kali pas usia 13 tahun, sampai tahun 2014 bulan April, *baru kemaren..heheheh..* aku tiap kali mens pasti ngalami nyeri haid. Kadang, mens jadi sesuatu yang mengerikan dan menakutkan buatku, soalnya sakitnya itu loh...ampe kayak di silet-silet gitu rasanya.
Dengan kondisi kayak gitu jelas aja aktivitas terganggu, mana bikin lemes, pikiran juga gak konsen, yang ada cuma ngerasain sakit di perut bagian bawah. 

Karna tuntutan pekerjaan yang menuntut standby 9 jam sehari, otomatis badan harus fit tiap hari, akhirnya awal bulan Mei aku putuskan untuk rajin mengkonsumsi susu tiap hari. Aku sih termasuk penggemar susu, tapi kadang nggak terlalu suka minum susu pagi-pagi karena bikin sering bolak-balik ke belakang, tapi ya sudahlah...demi kesehatan, akhirnya aku mau gak mau jalanin program sehat aku.

Bulan pertama aku juga msih bolong-bolong minum susunya, yang jelas minimal 1 gelas sehari. Masuk ke minggu kedua bulan Mei, aku kedapatan jadwal bulanan ku, pas ada tanda2 mau haid, aku udah loyo duluan, dalam hati "yahh..udah mau haid lagi, pasti sakit, pasti ntar kerjaanku kacau lagi, moga-moga pas nyeri lagi gak di kejar deadline" *hiks..hiks...

Karna udah jadi rutinitas bulanan, yaudah pasrah aja, ngikutin kata orang aja "dinikmati nyeri nya"  huhuhhuu....:-(

Hari pertama haid, aku gak ngrasain apa-apa,waktu itu aku mikir halahhh itu paling cuma kebetulan aj, ntar kalo udah hari kedua pasti juga nyerinya gak bakalan absen.
Hari kedua haid, aku sempet kaget gak percaya, aku gak ngrasain nyeri kayak bulan-bulan sebelumnya. Pas ngerasa gak sakit, aku seneeeeng banget, akhirnya hari-hariku gak keganggu ama yang namanya nyeri haid. Dan itu berlanjut sampai selesai mens.

Awalnya aku sempet mikir2, kenapa ya kok aku gak nyeri haid lagi, terus aku pikir2, aku mencoba menganalisis (jiaaahhhh....bahasanya ketinggian...wkwkwkwk)
aku mencoba menganalisis kebiasaan makan, sama pola istirahatku, eh ternyata gak jauh beda ama yang dulu-dulu cuma ketambahan minum susu rutin tiap hari. Karna masih nggak percaya, aku lanjutin minum susu, sampai bulan Juni.

Biasanya aku kalau haid, pasti jadwalnya molor 3 hari sampe 7 hari dari jadwal bulan yang sebelumnya. Tapi haid di bulan ini jadwalnya kebetulan sama kayak yang bulan Mei, di minggu kedua juga, tanggalnya juga sama, *alhamdulillah......* lega..:-)
Terus yang bikin seneng lagi aku gak nyeri haid lagi loh kawan-kawan...*mata berbinar-binar* amazing...

Karna udah dua kali nggak nyeri haid, aku langsung judge kalau minum susu secara rutin memang bisa mengurangi bahkan mengatasi keluhan nyeri haid.

Tapi rasa penasaranku masih berlanjut, aku masih bertanya-tanya, kok bisa ya susu bikin gak nyeri haid, kira2 kandungan apa ya yang bikin gak nyeri haid, aku coba browsing-browsing terus akhirnya aku nemu jurnal penelitian yang bikin aku mantep untuk lanjut terus minum susu. Eh, ada yang ketinggalan, sekedar infor kalau ibuku juga ikut minum susu loh...terus nggak nyeri haid juga, jadi minum susu buat ngilangin nyeri haid tidak hanya untuk remaja tapi usia dewasa juga :-)


"Penelitiannya dilakukan oleh Dyah Oktabriawatie, Erry Yudhya Mulyani, Maria Poppy Herlianti
dengan judul 
KONSUMSI KALSIUM DAN KELUHAN MENSTRUASI PADA REMAJA PUTRI DI SMA NEGERI 6 TANGERANG
Dari hasil penelitian ini didapat bahwa ada hubungan antara konsumsi kalsium dengan keluhan menstruasi pada remaja putri.
Salah satu mineral penting yg diperlukan tubuh untuk mengatasi pre menstruasi sindrom adalah kalsium. Hal ini sesuai dengan pendapat Kelly (2001) bahwa depresi,suasana hati yang tidak stabil, payudara yang terlalu sensitif, serta kram perut dan kaki bisa dikurangi dengan mengkonsumsi makanan makanan yang mengandung kalsium dalam jumlah yang mencukupi. Pada penelitian yang telah dilakukan didapatkan hasil yang signifikan antara keluhan menstruasi dengam keluhan menstruasi sesuai dengan pernyataan Fitria Ana (2007) bahwa salah satu fungsi dari kalsium yaitu meringankan keluhankeluhan disaat haid (Pre Menstruasi syndrome)."

Maaf ya, aku cuma nampilin hasil penelitiannya sekilas, nanti dibaca sendiri ya kalau mau dowload jurnalnya, browsing lewat google ajah...*ketawa jahat*



Jadi, masih mau nyeri haid lagi??

kesimpulannya, bagi kaum wanita, perbanyaklah konsumsi susu, atau makanan/suplemen yang mengandung kalsium, pilih saja yang disukai asal tidak alergi yah..:-)

Kalau misalnya udah rajin mengkonsumsi kalsium tapi kok masih nyeri juga, mending periksa sekalian aja ke dokter..biar lebih akurat :-)

Nyeri haid??,,,gak lagi la yaw...



Sumber referensi:

Irwan Abdullah. 2002. Mitos Menstruasi: Konstruksi Budaya Atas Realitas Gender. Jurnal Humaniora, Vol.14, No.1 Februari 2002, hlm.34-41
Dyah Oktabriawatie, et al. 2014Konsumsi Kalsium dan Keluhan Menstruasi pada Remaja Putri di SMA Negeri 6 Tangeranghttp://www.esaunggul.ac.id/

No comments:

Post a Comment